Wanita memang selalu punya hal yang unik dan menarik untuk dibahas. Adanya perbedaan budaya memengaruhi karakter wanita di Asia dan juga di Barat. Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk hadir di sebuah acara yang membahas tentang sebuah survey terbaru terhadap karakter wanita Asia, terutama Indonesia. Survey teersebut dinamakan High Heeled Warriors.
High Heeled Warriors merupakan sebuah survey yang dilakukan oleh perusahan media dan hiburan yang terkenal, NBC Universal. Mungkin para pelanggan tv berbayar sudah tahu NBC Universal ini. NBC menyediakan konten-konten hiburan dan informasi yang banyak berkaitan dengan wanita. Beberapa yang terkenal antara lain E! Entertainment, DIVA, dan lain sebagainya.
Mengapa disebut sebagai High Heeled Warriors?
High Heeled merupakan salah satu ikon dari wanita. High Heeled merupakan simbol wanita modern yang tidak hanya berperan sebagai istri dan ibu biasa saja, tapi juga memiliki pendidikan dan karir yang tinggi. High Heeled juga simbol kekuatan wanita di mana dengan high heeled, wanita merasa lebih percaya diri, lebih kuat karena memang tak mudah menggunakah high heeled bahkan bagi wanita itu sendiri. Sementara warriors berarti seorang pejuang yang kuat. Di sini, ada gabungan yang menarik dan unik antara high heeled yang sangat wanita dan warrior yang sangat pria. Maka penelitian ini adalah penelitian yang ingin mengungkap kekuatan seorang wanita modern saat ini.
High Heeled Warriors ini dilakukan NBC bersama perusahaan riset untuk mengetahui karakteristik wanita Asia modern saat ini. Pertama kali dilakukan pada tahun 2011, kemudian di tahun 2013, dan juga terakhir di tahun 2015. Hasilnya menarik lho teman-teman. Berikut beberapa yang akan saya coba bagikan tentang hasil penelitian High Heeled Warriors ini.
1. Feminisme bagi wanita Indonesia
Feminisme merupakan isu yang sangat gencar diserukan wanita terutama wanita Barat saat ini. Kita tahu sejumlah seleb juga vokal untuk memperjuangkan kesetaraan hak antara pria dan wanita. Emma Watson adalah salah satu seleb muda yang sangat populer dengan kampanye #HeForShe nya di depan anggota PBB. Selain itu ada Angelina Jolie dan masih banyak lagi lainnya. Mereka selalu percaya bahwa wanita selalu bisa sejajar dengan para pria. Dalam riset yang dilakukan High Heeled Warriors pada tahun 2011 lalu ternyata menunjukkan bahwa wanita Indonesia yang hidup di perkotaan memang memiliki kepercayaan diri yang besar dan juga berjuang demi kesuksesan mereka. Namun menariknya, wanita Indonesia tidak pernah melupakan perannya sebagai istri, anak, atau ibu di keluarga mereka. Mereka tetap memiliki kesuksesan yang tinggi tapi memikirkan kehidupan keluarganya.
2. Karakteristik wanita Indonesia
Dari penelitian yang dilakukan High Heeled Wariors pada tahun 2013 lalu terungkap bahwa ada 5 kelompok yang bisa membagi karakterisitik wanita perkotaan Asia (Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, dan juga Hong Kong). Kelima kelompok ini dibuat berdasaekan hasil survey yang dilakukan dan lima kelompok itu adalah:
Trail Blazers: Trail Blazers adalah kelompok wanita urban kontemporer Asia yang memiliki sifat ambisius terhadap apa yang ingin dicapainya. Pada kelompok ini, biasanya orientasi karir mereka sangat tinggi. Mereka sangat ingin meraih kesuksesan dalam hal karir dan pendidikan, terutamanya.
Peace Keepers: Peace Keepers sendiri adalah kelompok wanita urban Asia yang sangat teratur. Ia menyukai semua hal yang serba terorganisir dan sesuai dengan sistem. Mereka ini adalah para wanita yang suka mengatur banyak hal untuk kehidupannya.
Passionistas: Passionistas adalah mereka, wanita urban Asia, yang spontan, dan melek dengan segala trend yang baru. Para passionistas ini punya semangat yang tinggi untuk mengejar keinginan mereka dan juga suka mencoba hal-hal yang baru, apa pun itu.
Heartwarmers: Untuk heartwarmers, adalah kelompok wanita urban Asia yang sangat setia. Ia adalah tipe yang sangat memikirkan keluarganya atau family oriented. Heartwarmer ini hangat dan tipikal seorang ibu banget.
Social Siders: Nah kalau social siders ini adalah kelompok wanita urban Asia yang selalu optimis dan suka sekali bergaul.
Dari kelima kelompok di atas, memiliki 2 kelompok yang mendominasi. Kelompok terbanyak wanita urban di Indonesia adalah kelompok Passionistas dan Heartwarmers. Seperti pada penelitian sebelumnya, wanita Indonesia adalah wanita yang memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani kehidupannya. Wanita Indonesia sangat suka mencoba hal-hal yang baru atau tren terkini. Tapi mereka juga selalu memikirkan apa yang terbaik untuk keluarganya, dalam perannya sebagai seorang anak, istri, dan juga seorang ibu. Luar Biasa!! Bangga jadi wanita Indonesia :)
3. Multi tasking
Menarik sekali mengetahui fakta yang satu ini. High Heeled Warriors mengungkapkan bahwa ternyata, wanita Indonesia adalah ratunya multiscreen. Kita, wanita Indonesia, sangat terbiasa dengan multitasking. Perempuan di Indonesia bisa melakukan banyak kegiatan dalam waktu yang sama. Menonton televisi sambil menggunakan smartphone, laptop, bahkan tablet mereka. Sebanyak 67% wanita Indonesia menggunakan smartphone sambil menonton TV dan 50% menggunakan tablet. Wanita Indonesia sangat ingin mengetahui program atau produk yang mereka sedang tonton.
Apakah teman-teman di antaranya? Ketika sedang menonton TV, teman-teman bisa sambil membicarakannya dengan tema-teman di grup WhatsApp, Line, atau bahkan twitter, Path, FB. Dalam waktu yang sama juga, bisa langsung browsing dengan menggunakan laptop atau sambil bekerja. Yap, wanita Indonesia ternyata adalah makhluk yang sangat multitasking. Bahkan, kecenderungan wanita untuk mencari produk atau item yang dia dilihat di TV juga lebih besar dari pria. Misalnya, ketika menonton sebuah drama, wanita bisa mencari merk baju apa yang dipakai si aktor atau aktris atau di mana lokasinya, atau apa sepatunya, dan lain sebagainya.
4. Soal Karir dan Pendidikan
Sebagaimana dikatakan sebelumnya, wanita Indonesia sebagian besar masuk ke dalam kelompok Passionistas yang memiliki semangat yang tinggi. Wanita Indonesia juga dikenal mementingkan soal pendidikan dan karirnya. Dari Grand Thornton International Business Report pada 2014 didapatkan bahwa ternyata saat ini wanita Indonesia menduduki posisi atas jumlah wanita yang bekerja pada posisi managemen senior di tempat mereka bekerja. Indonesia memiiki 41% posisi manajemen senior dibandingkan rata-rata global yang sebesar 24%. Itu artinya, wanita Indonesia dikenal sebagai wanita dengan orientasi karir yang tinggi. Angka yang besar juga menjadi jumlah wanita berpendidikan tinggi di Indonesia.
5. Fakta lainnya
Ada sejumlah fakta lain yang menarik tentang wanita di Indonesia dari soal hiburan misalnya. Ada beberapa nama artis Hollywood yang menjadi artis paling banyak dikagumi wanita Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Angelina Jolie, Taylor Swift, Katy Perry, dan juga Emma Watson. Sementara untuk urusan program tv luar negeri yang paling banyak disukai adalah dari US paling tinggi, posisi kedua ada UK, posisi ketiga ada Korea Selatan, dan posisi keempat ada Jepang. Yap, ketebak juga sih... dari 10 besar program TV luar negeri yang ada, Filipina ada di posisi terakhir. US mungkin dari film, reality show, talkshow, dan program musiknya, begitu juga dengan UK. Kalau Korea Selatan ya pasti juga karena dramanya, film, variety show dan juga musiknya. Sama dengan Jepang yang mungkin dengan tambahan program kartunnya. Oya, wanita Indonesia suka dengan program hiburan, program masak-masak, informasi, dan juga reality show.
6. Fakta lain tentang wanita
Terakhir, mari kita bahas sedikit tentang fakta lain dari survey ini terhadap wanita secara global. Ternyata, wanita memiliki kekuatan yang besar dalam keputusan pembelian barang. Dalam keluarga, bahkan wanita punya power untuk mempengaruhi suami dalam memutuskan masalah produk keuangan seperti banking atau asuransi. Mobil dan juga barang elektronik, meski menjadi keputusan pria, tapi wanita punya pengaruh yang sangat besar dalam pemilihan produk tersebut. Maka dari itu, marketing sebuah brand harus memikirkan apakah produk mereka akan disukai wanita atau tidak.